Artikel

artikel

Selasa, 06 Oktober 2015

Definisi & Protokol E-Mail

gambar: Illustrasi dari e-mail


E-mail adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer bisa menggunakan internet atau sebatas intranet. Alamat email memiliki lokasi tertentu di Internet yang dapat ditemukan oleh server lain dan jaringan cukup mudah. Ada beberapa komponen utama alamat email dan di jadikan standar di seluruh jaringan internet.

Bagian pertama dari sebuah alamat email adalah username. Bagian kedua dari semua alamat email adalah simbol “@”, umumnya dikenal sebagai “at” simbol. Simbol ini adalah apa yang memisahkan bagian pertama dari alamat email yang disebut username dari bagian ketiga dari email yang disebut nama host atau domain. Nama host mengidentifikasi komputer server tertentu.

Selain nama host, ada juga tiga huruf akhiran yang mengidentifikasi organisasi yang mengoperasikan server. Misalnya. edu untuk institusi pendidikan seperti perguruan tinggi atau universitas. Sebuah ekstensi com. yaitu singkatan dari komersial, yang berarti entitas komersial. ekstensi org singkatan dari organisasi, dll Berdasarkan paradigma di atas, alamat email standar akan terlihat seperti berikut: lintasberita@unitedstates.edu


POP MAIL

POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita. Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu persatu e-mail yang diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.

Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu.

Kekurangan dari POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang di-download, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.


SMTP

SMTP singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol dan merupakan standar saat ini untuk mentransfer email seluruh internet. SMTP adalah teknologi yang efisien dan nyaman yang mulai banyak digunakan dalam tahun 1980-an dan masih relevan dengan teknologi saat ini.

SMTP menggunakan teknologi yang disebut TCP port 25. TCP port 25 membuatnya mudah untuk SMTP untuk menentukan server untuk alamat email tertentu. SMTP mampu mencari nama domain yang spesifik dan email pada pertukaran DNS (Domain Name System). Jika alamat email tidak dapat ditemukan, SMTP biasanya akan mengirimkan pengirim email tanggapan yang menyatakan bahwa alamat dapat ditemukan atau tidak ditemukan.


IMAP

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa terkecuali.

Internet Message Access Protocol merupakan salah satu dari dua protokol penerimaan email (email retrieval protocol). Juga dikenal dengan singkatan IMAP, Internet Message Access Protocol merupakan Internet protocol yang beroperasi pada Application layer. Dengan IMAP, mailbox dapat dibaca dan dikelola secara simultan (bersamaan) oleh sejumlah email client berbeda. IMAP seringkali digunakan oleh sebagian besar pengguna Internet untuk men-download email dari web mail server.

Awalnya disebut sebagai Interim Mail Access Protocol, versi IMAP pertama telah menjalani beberapa revisi sejak dibuat pada tahun 1986. Saat ini disebut sebagai Internet Message Access Protocol, versi IMAP ini merupakan versi IMAP keempat yang telah menjadi standar pada tahun 1994, dan dipublikasikan pada RFC 1730. Pop Office Protocol (POP) merupakan Internet protocol umum lainnya untuk email retrieval.

Sebagian besar email server dan email client mendukung baik IMAP dan POP sebagai pilihan lain terhadap protokol unik mereka sendiri. Dibandingkan dengan POP, IMAP memiliki beberapa keunggulan termasuk kemampuan untuk memuat bagian dari email ketimbang menunggu semua attachment di dalamnya. IMAP juga dapat juga menerima konten pesan menggunakan mekanisme MIME. IMAP client juga cenderung tetap dapat terhubung dengan mail server dalam periode waktu yang lebih lama, yang dapat meningkatkan response time secara keseluruhan.

About the Author

zeneight

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2015 - Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile